7 Aplikasi Lari Terbaik untuk Ponsel Android Kamu. Recomended!



Berlari merupakan salah satu bentuk olahraga yang paling simpel karena kamu tidak membutuhkan banyak peralatan dan lawan dalam melakukannya.
Dibandingkan dengan olahraga kompetisi seperti basket, sepak bola, dan bulu tangkis, berlari akan terasa sangat membosankan dan melelahkan.

Karena itulah, banyak orang yang merasa malas apabila olahraga berlari. Alasannya, sih, bermacam-macam, mulai dari kurang motivasi, hingga membosankan karena tidak memiliki goal atau tujuan.
Supaya kamu makin semangat dan termotivasi dalam berlari, kamu bisa mencoba beberapa aplikasi lari yang Jaka rekomendasikan dalam artikel ini.

1. Nike Run Club

Aplikasi Lari Terbaik 1 E1a9e


Meskipun memiliki embel-embel Nike di depan, namun aplikasi Nike Run Club tidak membutuhkan kamu untuk menggunakan atribut-atribut Nike dalam menggunakannya.
Selain itu, aplikasi ini juga adalah aplikasi lari dengan rating tertinggi dan pengguna terbanyak di Google Play Store.
Aplikasi ini menyediakan tracking melalui GPS yang akan merekam jejak lari kamu sehingga kamu bisa tahu sudah berapa jauh kamu berlari.
Kamu bisa menyimpan data lari kamu dan membandingkannya dengan data selanjutnya. Selain itu, kamu juga bisa menjalankan challenge yang diberikan aplikasi, lho.

2. Weight Loss Running


Aplikasi Lari Terbaik 2 3cab5

Kalau kamu ingin mencari aplikasi lari yang bisa membantu kamu dalam program menurunkan berat badan, kamu bisa menggunakan aplikasi Weight Loss Running, geng.
Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu akan diberikan rutinitas yang terdiri dari beberapa tingkat kesulitan. Semakin sulit tantangannya, semakin cepat juga kamu akan mencapai berat badan ideal.
Rutinitas tersebut nggak cuma berisi lari saja. Kamu akan diinstruksikan untuk lari, jogging, berjalan santai, dan lari cepat dalam waktu dan tempo yang ditentukan.

3. Runkeeper


Aplikasi Lari Terbaik 3 D98ea

Kalau kamu mencari aplikasi lari dengan pengoperasian yang paling simpel, kamu bisa coba menggunakan aplikasi Runkeeper, geng.
Runkeeper dapat mencatat segala aktifitas lari kamu, baik kamu sedang berlari biasa, berjalan, berhenti, maupun berlari cepat. Simpel banget, deh.
Seperti aplikasi lari lainnya, kamu dapat membuat target lari dengan aplikasi Runkeeper supaya kamu semakin termotivasi dan fokus pada tujuan kamu.

4. Couch to 5K


Aplikasi Lari Terbaik 4 1227d

Dari namanya, aplikasi Couch to 5K akan memprogram kamu yang suka malas-malasan di sofa (couch) supaya mampu berlari sejauh 5 kilometer.
Aplikasi ini cocok banget untuk kamu yang ingin mengikuti marathon tapi nggak memiliki pengalaman dan stamina yang dibutuhkan.
Couch to 5K memiliki program khusus yang akan memotivasi kamu setiap hari untuk bisa berlari 5 kilometer dalam waktu latihan 9 minggu.
Program tersebut akan menjadwalkan latihan 3 hari seminggu dan 20 hingga 30 menit setiap latihan. Aplikasi ini wajib banget kamu gunakan kalau kamu ingin ikut marathon.

5. Endomondo


Aplikasi Lari Terbaik 5 Dbfd0

Endomondo merupakan aplikasi yang nggak cuma merekam olahraga lari saja, tapi juga bisa digunakan untuk berjalan, bersepeda, dan 60 jenis olahraga lainnya.
Aplikasi ini menggunakan GPS untuk menganalisa statistik kamu dan membantumu dalam meraih tujuanmu memiliki hidup sehat.
Selain itu, Endomondo mengizinkan pengguna untuk menyusun goals yang ingin kamu capai serta menyediakan tantangan-tantangan yang bisa kamu ambil supaya makin termotivasi.

6. Pumatrac


Aplikasi Lari Terbaik 6 F073f

Pumatrac merupakan salah satu aplikasi lari terbaik untuk smartphone yang memiliki desain sangat minimalis namun terasa keren.
Nggak cuma merekam jarak dan waktu yang kamu gunakan untuk berlari, Pumatrac juga akan merekam cuaca, waktu, bahkan bulan untuk memberikan kamu sugesti waktu terbaik untuk berlari.
Contohnya, dari data-data yang direkam oleh aplikasi ketika kamu berlari, Pumatrac memberi sugesti kalau bahwa sebaiknya kamu berlari pada Jumat pukul 10 pagi sambil mendengarkan musik.
Oh iya, aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan penghasil produk olahraga, Puma. Meskipun begitu, kamu nggak perlu mengenakan atribut Puma untuk menggunakan aplikasi ini.

7. Strava Training


Aplikasi Lari Terbaik 7 42eca

Strava Training adalah pilihan aplikasi lari terbaik di Smartphone yang bisa kamu pilih, geng. Aplikasi ini dapat merekam rute lari kamu dan menganalisanya.
Salah satu poin penting dari Strava Training adalah aplikasi ini mampu memberikan kamu motivasi. Kamu dapat melakukan challenge mingguan atau bulanan yang dibuat oleh Strava Training.
Seperti bermain game, challenge tersebut akan dinilai dengan skor dan bisa kamu bandingkan dengan skor-skor milik orang lain. Seru kan, geng?