Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Mengetik untuk Android dan iPhone



Ingin chatting di WhatsApp tapi malas ngetik? Atau kamu lagi nyetir tapi ada pesan penting yang harus segera dibalas?
Nih,  punya solusinya cara mengirim pesan WhatsApp tanpa mengetik dan nggak pakai ribet buat pengguna Android dan iPhone.
Seperti diketahui, aplikasi messaging paling populer di dunia, WhatsApp, nggak pernah berhenti meluncurkan fitur-fitur terbaru untuk meningkatkan kenyamanan para penggunanya.
Nah teranyar, aplikasi yang telah diunduh oleh 1,8 miliar orang tersebut melakukan pembaruan dengan membawa satu fitur menarik.

Fitur tersebut sangat ideal bagi kamu yang terlalu malas untuk mengetik pesan yang panjang.
Adalah Dictation, fitur yang memungkinkan kamu untuk mengucapkan pesan yang ingin disampaikan, lalu HP kamu bakal menerjemahkan atau menuangkannya dalam bentuk teks.
Berikut ini adalah langkah-langkah cara menggunakan fitur tersebut.
Yang  maksud tadi bukan mengirim pesan suara. Memang cara ini juga nggak perlu ngetik tapi nggak semua orang mau menerima pesan suara.

Fitur Dictation di WhatsApp sendiri cara menggunakannya hampir sama kayak mengirim pesan suara. Hanya saja pesan suara tersebut langsung diterjemahkan ke dalam teks.
Mungkin kamu sudah tahu cara tersebut sebenarnya sudah ada pada virtual assistant seperti Siri yang tersedia di iPhone dan iPad atau Google Assistant yang tersedia di HP Android.
Hanya saja fitur dictation ini bisa kamu gunakan langsung di WhatsApp-nya. Aplikasi yang berada di bawah naungan perusahaan raksasa, Facebook, itu memperkenalkan ikon mic baru pada keyboard untuk kemudahan aksesibilitas penggunanya.

Pembaruan aplikasi WhatsApp pun akan menjadi berkah bagi kamu yang sedang bepergian, dan sulit untuk mengirim atau membalas pesan. Sebab, mengetik biasanya lebih lambat ketika ada banyak informasi untuk disampaikan.
Cara Menggunakan Fitur Dictation di WhatsApp untuk Android dan iPhone
Fungsi Dictation bisa digunakan baik itu di HP Android maupun iPhone. Caranya pun sangat mudah dan cepat. Simak dan ikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Langkah ke-1: Bagi kamu pengguna iPhone silahkan buka App Store atau jika kamu pengguna Android kamuMasukan deskripsi tautan disini bisa buka Google Play Store.
Cara Update Whatsapp 3c698
  • Setelah itu, pastikan kamu sudah menginstal WhatsApp versi terbaru. Jika belum, segera lakukan pembaruan.
  • Langkah ke-2: Pastikan keyboard terseting dengan bahasa yang ingin digunakan. Hal ini agar pendiktean kata lebih tepat.
  • Langkah ke-3: Buka WhatsApp yang sebelumnya telah diperbarui.
  • Langkah ke-4: Cari dan buka chat dengan kontak yang ingin dihubungi.
  • Langkah ke-5: Klik area pengetikan pesan untuk menampilkan keyboard.
  • Langkah ke-6: Tekan ikon Microphone yang ada di keyboard. Setelah itu, ucapkan pesan yang ingin dituliskan.
Cara Kirim Whatsapp Iphone 98b46

Cara Kirim Whatsapp Android 8c284

Jika ingin menambahkan tanda baca, kamu katakan saja, 'Koma' atau 'Tanda Tanya'.
  • Langkah ke-7: Pesan tersebut nanti secara otomatis akan diubah menjadi pesan teks. Setelah semua pesan telah menjadi teks, kamu periksa kembali apakah ada kata yang salah atau tidak.
  • Langkah ke-8: Bila semuanya benar, tinggal tekan tombol kirim. Setelah selesai klik Enter.