7 Masalah dan Kekurangan yang Ada di Android Pie | No. 5 Pasti Kamu Ngalamin!



Selain iOS, Android kini menjadi salah satu sistem operasi populer yang banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Dikembangkan dengan nama kode yang dinamai berdasarkan nama makanan, hingga saat ini sistem operasi Android sendiri sudah memiliki sebanyak 14 versi lho, geng.
Versi terbaru dari OS ini adalah Android 9.0 Pie yang membawa sejumlah keunggulan seperti misalnya peningkatan keamanan dan privasi, mode gelap, dan masih banyak lagi.

Namun, sama seperti sistem operasi pada umumnya, Android Pie juga nggak lepas dari beberapa masalah yang menganggu para penggunanya, geng.
Meskipun menjadi sistem operasi terbaru, bukan berarti sistem operasi versi ini nggak memiliki masalah yang menghantui para penggunanya.
Berikut adalah beberapa masalah yang sering dihadapi oleh sebagian pengguna HP dengan versi Android Pie.

1. Mode Split Screen Tidak Muncul


Split Screen Bd4ac

Salah satu fitur paling menarik yang hadir di Android Pie adalah mode split screen yang memungkinkan kamu untuk bisa membuka dua aplikasi secara bersamaan.
Fitur ini tentunya sangat bermanfaat sekali karena dengan bantuan fitur ini kamu nggak perlu bolak balik untuk membuka aplikasi yang berbeda, geng.
Sayangnya, beberapa pengguna mengeluhkan bahwa fitur mode split screen ini nggak tersedia di HP mereka sehingga sulit bagi mereka untuk menikmati fitur ini.
Padahal, umumnya fitur ini akan muncul di bagian atas ketika kamu sedang membuka recent apps lho, geng.

2. Fitur Rotasi Layar Bermasalah


Rotasi Layar F7b53

Fitur rotasi otomatis pada sebuah HP tentunya bukan sekadar hadir tanpa alasan melainkan punya banyak kegunaan yang bisa memudahkan penggunanya.
Seperti misalnya ketika sedang membaca sebuah teks dokumen di HP, daripada kamu capai scroll teks ke kanan dan kiri, dengan mengaktifkan fitur rotasi ini kamu nggak perlu lagi melakukan hal tersebut, geng.
Fitur rotasi otomatis ini umumnya akan berubah secara otomatis ketika kamu memutar layar HP dari portrait ke landscape ataupun sebaliknya.
Tapi ternyata, banyak juga lho pengguna sistem operasi Android Pie yang mengeluhkan fitur rotasi otomatis di HP-nya bermasalah sehingga mereka nggak bisa menikmati fitur ini.

3. Masalah Pada Sensor Fingerprint


Fingerprint E1380

Di zaman yang serba canggih ini, fitur fingerprint sepertinya sudah menjadi salah satu fitur standar yang ada di setiap HP keluaran terbaru, ya, geng.
Menawarkan kepraktisan bagi penggunanya, nggak heran jika fitur ini jadi salah satu fitur keamanan favorit para pengguna HP zaman sekarang.
Selain itu, fitur fingerprint ini juga dinilai aman karena perangkat HP hanya bisa terbuka ketika penggunanya menempelkan jari mereka ke sensor fingerprint.
Sayangnya, fitur fingerprint di Android Pie ini terkadang mengalami kendala yang membuat para penggunanya nggak bisa menggunakan fitur ini dan harus membuka kunci layar secara manual dengan memasukkan password, geng.
Walaupun masalah ini sebenarnya bisa diatasi dengan melakukan update software, tapi bagi sebagian pengguna yang awam, pastinya hal ini akan sangat menganggu.

4. Kontrol Volume Nada Dering


Nada Dering 2f1d4

Jika di versi Android sebelumnya volume nada dering akan secara otomatis berubah ketika kamu menekan volume up atau down, maka di Android Pie hal ini sudah nggak lagi begitu, geng.
Soalnya, ketika kamu menekan tombol volume up atau down, hal itu justru akan memengaruhi volume media, bukan nada dering.
Sementara, untuk melakukan kontrol terhadap volume nada dering, kamu harus pergi ke menu settings terlebih dahulu atau memilih ikon titik tiga yang muncul ketika kamu menekan tombol volume.
Pembaruan ini justru dianggap sebagai sebuah kendala bagi sebagian pengguna Android Pie karena dinilai kurang praktis.

5. Masalah Baterai


Baterai 1ed8d

Selain memiliki beragam fitur menarik, Android Pie juga diklaim sebagai salah satu versi Android terbaik yang mampu membuat daya tahan baterai HP menjadi lebih awet dan tahan lama.
Tapi kenyataannya, nggak sedikit pengguna yang justru mengeluhkan kalau baterai pada HP Android Pie mereka tetap boros lho, geng.
Meskipun saat ini sudah banyak sekali HP yang menawarkan baterai berkapasitas jumbo, tapi dengan kelebihan yang ditawarkan oleh versi Android Pie ini tentunya akan menjadi nilai plus tersendiri.

6. Masalah Konektivitas


Konektivitas 62aa8

Kendala berikutnya yang dianggap menganggu oleh para pengguna Android Pie adalah masalah konektivitas terutama bluetooth dan jaringan internet yang seringkali bermasalah, geng.
Banyak pengguna yang mengeluhkan bahwa setelah melakukan update Android Pie, HP mereka sulit mendapatkan koneksi internet sehingga hal itu sangat mengganggu aktivitas mereka.
Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa terlebih dahulu menonaktifkan mobile data untuk beberapa saat kemudian aktifkan kembali, geng.
Hal ini juga berlaku untuk masalah konektivitas lainnya yang mungkin kamu alami.

7. Masalah Perintah Suara Google Assistant


Google Assistant 7f53d

Seiring berkembangnya teknologi, kini semua HP Android sudah dilengkapi dengan fitur virtual asisten, Google Assistant, yang dapat membantu penggunanya.
Namun, fitur ini terkadang nggak berjalan secara normal dan justru dianggap mengganggu bagi sebagian orang lho.
Bagaimana tidak, fitur Google Assistant ini seringkali salah mengenali suara penggunanya sehingga akan sangat mengganggu sekali.
Nggak cuma itu saja, fitur ini juga terkadang nggak merespon perintah suara yang justru dikatakan oleh pemilik HP aslinya.