7 HP Paling Murah Sedunia | iPhone Cuma 16 Ribu, Selama Ini Kita Ditipu?



Seiring dengan ketatnya persaingan yang terjadi di antara para vendor smartphone saat ini, banyak dari mereka yang akhirnya meluncurkan beberapa produk HP murah agar memiliki lebih banyak konsumen.
Akibatnya kini sejumlah HP murah pun sudah banyak beredar di pasaran, bahkan beberapa di antaranya dibanderol dengan harga mulai satu jutaan.

Namun jauh lebih murah dari itu, ternyata ada juga lho HP-HP yang dibanderol dengan harga yang sangat murah, bahkan disebut-sebut sebagai HP paling murah di dunia, geng.
Nggak percaya? Simak saja artikel Jaka selengkapnya mengenai HP paling murah di dunia berikut ini.

HP Paling Murah di Dunia

Dibenderol dengan harga yang sangat murah, HP-HP berikut ini bahkan sampai mendapat predikat sebagai HP paling murah sedunia lho.
Mau tahu apa saja? Berikut adalah daftar 7 HP paling murah di dunia yang pernah dijual.

1. Alcatel OT-209


Hp Paling Murah Sedunia Alcatel OT 209 Custom 61d59

Carphone Warehouse Mobile yang merupakan retailer HP dengan lebih dari 2.400 toko yang tersebar di Eropa memperkenalkan HP termurah di dunia dengan harga 99 pence atau saat itu sekitar Rp14.000 saja, geng.
HP murah tersebut adalah Alcatel OT-209 yang memiliki tampilan seperti HP pada umumnya.
Dengan harganya yang sangat murah tersebut, maka nggak mengherankan jika HP ini memiliki fitur-fitur yang kurang menarik seperti layar berwarna, radio, dan lain-lain.
Alcatel OT-209 ini merupakan HP yang memang dirancang hanya untuk menjalankan tugas-tugas ringan seperti telepon dan SMS, tanpa koneksi internet ataupun kamera canggih.
HP dengan bobot hanya 65 gram ini hadir dengan aksesoris handsfree dan daya tahan baterai hingga lima jam.

2. iPhone 3G Jerman


Hp Paling Murah Sedunia IPhone 3G Custom 49cbd

Semua orang tahu bahwa produk besutan Apple dikenal dengan harganya yang relatif mahal bagi sebagian orang.
Namun, seiring dengan dengan peluncuran produk iPhone terbaru mereka, hal itu perlahan-lahan membuat iPhone jadulnya turun harga.
Salah satunya adalah iPhone 3G, geng. Dibanderol dengan harga yang cukup mahal pada awal peluncurannya, kini HP tersebut mengalami penurunan harga yang drastis.
Bahkan, di Jerman sendiri pada tahun 2018 lalu HP ini dijual dengan harga yang sangat murah yaitu hanya 1 Euro atau setara Rp16.000.
Nggak mengherankan juga, sih, mengingat saat ini jaringan internet sudah mulai merambah ke jaringan 5G.

3. Namotel Acche Din


Hp Paling Murah Sedunia Namotel Acche Din Custom 8b472

Salah satu perusahaan startup asal India pada tahun 2016 lalu secara mengejutkan melucurkan HP termurah di dunia yang diberi nama Namotel Acche Din.
Namotel Acche Din ini hadir dengan ukuran layar 4 inci beresolusi 480 x 800 piksel dan sudah berjalan di sistem operasi Android 5.1 Lollipop.
Nggak cuma itu saja, HP ini juga dibekali dengan RAM 1GB dan memori internal berkapasitas 4GB yang bisa diperbesar hingga 32GB dengan menggunakan microSD.
Di sektor kameranya, HP ini menggunakan sensor sebesar 4MP untuk kamera belakang dan VGA untuk kamera depan.
Selain itu, untuk koneksi jaringan internet, Namotel Acche Din ini menggunakan jaringan 3G yang didukung dengan slot dual SIM lho, geng.
Mengenai harga, HP ini dibanderol dengan harga yang sangat murah yaitu sekitar Rp19.411.

4. Freedom 251


Hp Paling Murah Sedunia Freedom 251 Custom A9039

Pada tahun 2016 lalu, perusahaan India yaitu Ringing Bells meluncurkan smartphone yang diklaim paling murah di dunia yaitu Freedom 251.
Freedom 251 sendiri dibanderol dengan harga sekitar US$4 atau yang saat itu setara dengan Rp53.000 saja.
Menariknya HP Freedom 251 ini dibekali dengan spesifikasi yang bisa dibilang sangat lumayan untuk harga segitu, geng.
Sebut saja layar 4 inci qHD IPS display dengan resolusi 960 x 540 piksel, prosesor 1.3GHz quad-core, RAM 1GB, kamera belakang 3.2MP, dan depan 0.3MP.
Sementara untuk ruang penyimpanannya sendiri, HP Freedom 251 ini memiliki kapasitas penyimpanan 8GB yang dapat diperbesar hingga 32GB melalui microSD.
Selain itu, layaknya smartphone pada umumnya, HP ini juga mengadopsi sistem operasi Android Lollipop 5.1 yang sudah dilengkapi dengan beberapa aplikasi bawaan seperti YouTube, WhatsApp, dan lainnya.

5. Docoss X1


Hp Paling Murah Sedunia Docoss X1 Custom 4fc7d

Berbasis di Jaipur India bagian Utara, Docoss secara resmi merilis produk terbaru mereka bernama Docoss X1 pada 2016 silam.
Docoss X1 ini juga menjadi salah satu HP termurah di dunia karena cuma dibanderol seharga sekitar Rp174.119 saja.
Meskipun harganya sangat murah, tapi HP Docoss X1 ini sudah dibekali dengan spesifikasi yang lumayan lho untuk harga segitu.
Docoss X1 sendiri hadir dengan layar 4 inci, prosesor 1.2 GHz dual-core Cortex A7 yang ditopang dengan RAM 1GB, dan memori internal 4GB.
Sementara untuk urusan kameranya, HP ini sudah dilengkapi dengan kamera belakang 2MP dan kamera depan VGA.
Docoss X1 juga sudah berjalan di sistem operasi Android KitKat lho, geng.


6. Hop 1800


Hp Paling Murah Sedunia Hop 1800 Custom 4f9a8

Dengan tampilan yang super minimalis, HP Hop 1800 memiliki desain yang sangat unik karena hadir tanpa layar, geng.
Hop 1800 merupakan HP basic yang hanya memiliki fitur keyboard, mic, dan speaker saja atau dengan kata lain hanya bisa digunakan untuk menelepon saja.
Dengan fitur yang ala kadarnya ini, Hop 1800 dijual dengan harga yang sangat murah yaitu Rp137.000.
Meskipun begitu, tapi HP ini sangat laku lho di Amerika Serikat, geng. Selain itu, menariknya kamu juga bisa mendaur ulang HP ini dipabrik asli Hop 1800 dan akan mendapatkan uang sebanyak $5 sebagi uang jasa.

7. Gongkai


Hp Paling Murah Sedunia Gongkai Custom 808ec

China memang dikenal sebagai negara yang melek akan teknologi termasuk untuk urusan HP-nya, geng.
Negara ini telah menciptakan banyak sekali HP dengan berbagai macam varian harga dari yang termahal hingga yang termurah.
Salah satu HP termurah yang dimiliki negara ini adalah Gongkai yang dibanderol dengan harga cuma Rp164.000 saja.
Hal tersebut masuk akal mengingat HP China ini sangat minim fitur. Hanya saja yang membuatnya terlihat unik yaitu desain casing-nya yang transparan sehingga kamu bisa melihat jeroannya.