7 Fitur iOS ini Sudah Ada di Android, Gak Usah Beli iPhone Xs!


Fitur iOS yang Bisa Digunakan di Android

Seringkali dibanding-bandingkan, sistem operasi iOS dan Android tentunya memiliki sejumlah perbedaan yang membuat salah satu di antaranya lebih unggul atau bahkan sebaliknya.
Dibekali dengan sejumlah fitur unggulan yang dimiliki oleh keduanya, fitur-fitur tersebut tentunya ingin juga bisa dirasakan oleh pengguna dari OS lain. Seperti misalnya, pengguna iOS menikmati fitur unggulan Android dan sebaliknya.

Nah, berikut adalah beberapa fitur iOS yang kini bisa kamu nikmati di perangkat HP Android, geng.

1. Assitive Touch


Assitive Touch A7d67

Salah satu fitur unggulan iOS yang cukup menarik perhatian publik terutama para pengguna HP Android adalah fitur assitive touch yang disematkan di dalamnya.
Berkat hadirnya fitur ini, kamu bisa mengakses beberapa menu secara cepat dan instan hanya dengan menyentuh ikon bulat yang ada pada layar perangkat iOS.
Nggak cuma ada di iOS saja, kini kamu juga bisa lho menggunakan fitur assitive touch ini di HP Android, geng.
Salah satu merek HP yang sudah menyediakan fitur ini adalah Xiaomi. Kamu bisa menemukan fitur ini dengan cara masuk ke settings > additional settings > quick ball > turn on Quick Ball.
Tapi, jika HP kamu belum mendukung fitur ini kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama Assitive Easy Touch yang bisa di download di Play Store.

2. Pencarian Universal


Universal Search Df77a

Fitur iOS selanjutnya yang kini bisa kamu gunakan di perangkat HP Android adalah pencarian universal, geng.
Sebenarnya fitur ini juga pernah dihadirkan di beberapa sistem operasi Android jadul seperti misalnya Jelly Bean, namun kini fitur ini sudah tak lagi tersedia di OS Android terbaru.
Menawarkan kemudahan bagi penggunanya untuk mencari berbagai macam file atau aplikasi tertentu, nggak heran jika fitur ini sangat dirindukan oleh para pengguna Android.
Untungnya, fitur ini bisa kamu nikmati kembali dengan bantuan aplikasi launcher atau aplikasi khusus fitur pencarian universal.
Aplikasi launcher yang menyediakan fitur ini sendiri ada beberapa macam seperti Nova Launcher, Evie Launcher, dan lain-lain.

3. Notifikasi di PC


Notifikasi Di Pc 4aa08

Salah satu keunggulan yang menjadi nilai plus bagi produk-produk Apple adalah kemampuannya untuk berinteraksi satu sama lain dan menampilkan notifikasi iPhone di laptop MacBook penggunanya.
Dengan adanya fitur ini, kamu nggak akan lagi ketinggalan notifikasi penting yang mungkin masuk ke iPhone ketika sedang bermain laptop.
Nah, ternyata fitur ini juga bisa kamu nikmati di HP Android dan laptop Windows yang kamu punya lho, geng.
Hanya saja, untuk melakukan hal ini kamu membutuhkan bantuan aplikasi bernama Pushbullet yang di-instal di HP Android.

4. Screenshot Markup


Screenshot Markup 193c3

Tak dapat dipungkiri, screenshot menjadi salah satu fitur yang memberikan manfaat besar bagi para penggunanya.
Jika di perangkat Android kamu hanya bisa melakukan screenshot seluruh layar tanpa kebebasan untuk mengatur bagian mana yang akan disimpan, maka di perangkat iOS kamu bisa melakukan hal ini, geng.
Dengan adanya fitur ini kamu nggak perlu lagi repot-repot mengedit hasil screenshot yang sudah kamu simpan sebelumnya.
Tapi, berkat penggunaan aplikasi pihak ketiga bernama Screenshot Crop and Share, fitur ini kini bisa kamu nikmati di HP Android milikmu, geng.

5. Clipboard


Clipboard D6621

Fitur menarik iOS lainnya yang juga kini bisa kamu gunakan di HP Android adalah fitur clipboard, geng.
Di perangkat iOS sendiri fitur ini memungkinkan penggunanya untuk mengakses teks yang mereka copy di iPhone dari perangkat MacBook.
Dengan begitu, kamu nggak perlu repot-repot mengetik ulang teks tersebut ketika ingin mengaksesnya di perangkat yang berbeda, geng.
Nah, ternyata fitur ini juga bisa kamu nikmati di HP Android lho.
Tapi, sebelumnya kamu harus menginstall aplikasi bernama Clipboard di HP Android dan ekstensi Clipbrd di aplikasi browser Google Chrome pada laptop.
Ketika kedua aplikasi ini sudah terinstal dan login menggunakan akun yang sama, maka Clipbrd akan secara otomatis melakukan sinkronisasi terhadap teks-teks yang kamu copy tadi, geng.

6. Perekaman Layar


Perekam Layar C445f

Seperti yang kita tahu Apple membekalkan perangkat iOS mereka dengan fitur perekaman layar built-in yang bisa memudahkan para penggunanya saat ingin merekam layar HP mereka.
Fitur ini akan sangat berguna sekali bagi kamu para youtuber gaming yang ingin berbagi tips dan trik seputar cara bermain sebuah game tertentu.
Tapi, ternyata fitur ini juga sudah tersedia secara built-in di beberapa merek HP Android seperti misalnya Xiaomi, geng.
Buat kamu pengguna HP Xiaomi, kamu bisa menikmati fitur ini dengan menggunakan aplikasi bernama Screen Recorder.
Tapi, jika HP kamu nggak mendukung fitur ini, kamu bisa memanfaatkan bantuan aplikasi perekam layar pihak ketiga yang banyak tersedia di Play Store.
Salah satu aplikasi perekam layar terbaik untuk Android adalah AZ Screen Recorder, geng.

7. Digital Health


Digital Health 6362a

Fitur Digital Health ini hadir di iOS 12 dengan tujuan untuk meminimalkan pengguna dari gangguan notifikasi di HP mereka.
Begitu mengaktifkan fitur ini, maka HP secara otomatis menggunakan mode Jangan Ganggu sehingga hal ini sangat membantu buat kamu yang ingin mendetoks diri dari HP, geng.
Buat kamu pengguna HP Android, fitur ini juga kini bisa kamu nikmati lho, geng.
Hanya saja, kamu perlu mendownload aplikasi pihak ketiga bernama Social Fever yang menawarkan fitur serupa.