3 Cara Mengembalikan Instagram yang Dihack dengan Mudah dan Cepat



Mungkin kamu memiliki 100 atau bahkan 100ribu followers, tapi ketika kamu merasa akun Instagram kamu dihack, pasti kamu kesal. Terlebih, kalau akunnya sampai tidak bisa dibuka.
  • Nah, Pertama-tama yang bisa kamu lakukan adalah:
  • Melaporkannya ke pusat bantuan Instagram
  • Pilih Pusat Privasi dan Keselamatan
  • Setelah itu, pilih Laporkan Sesuatu dan klik Akun yang Dibajak. Kemudian, ikuti saja perintah yang tertera di laman tersebut.

Selain melaporkan dan meminta bantuan langsung kepada Instagram, ada beberapa cara lain yang bisa kamu lakukan sendiri untuk mengembalikan Instagram yang dihack.

Cara Mengembalikan Instagram yang Dihack dengan mudah dan cepat


Kali ini Jaka sudah rangkum tiga cara mengembalikan akun Instagram yang dihack dengan mudah dan cepat.

Jika Instagram dihack, tapi masih bisa login

Kalau tiba-tiba akun Instagram kamu digunakan orang lain, tapi kamu masih login ke akun tersebut, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan akun Instagram kamu yang dihack.
  • Buka aplikasi Instagram di HP kamu lalu pilih Settings untuk mengubah password kamu.
Cara Mengembalikan Akun Instagram Yang Dihack 3 Dc655
  • Setelah kamu mengubah password kamu, cek daftar authorized applications untuk memastikan hacker tidak mengunggah atau memposting dari sumber-sumber lain.
  • Untuk menghapus semua akses aplikasi yang terhubung ke Instagram kamu, kamu harus login menggunakan PC atau laptop via browser. Setelah kamu masuk ke profil kamu, pilih menu Settings lalu klik Authorized Apps.
Cara Mengembalikan Akun Instagram Yang Dihack 2 Bc1d7
  • Kemudian, Revoke Access atau batalkan akses ke aplikasi yang tidak kamu kenali atau gampangnya revoke saja semua akses.
  • Kini akun Instagram kamu tidak lagi bisa diakses orang lain. Ada kemungkinan orang tersebut tahu password kamu makanya dia bisa masuk ke akun Instagram milikmu. Jadi, jagalah kerahasiaan password!

Jika Instagram dihack, tapi tidak bisa login

Kalau hal ini yang terjadi, artinya kamu menghadapi hacker yang lebih jago.
Memang banyak hacker yang mengubah password supaya kita kesulitan masuk ke akun kita.
Berikut ini adalah cara mengembalikan Instagram yang dihack, jika kamu tidak bisa login sama sekali.
  • Buka aplikasi Instagram di HP kamu. Lalu klik Forgotten Password. Lalu ketik username Instagram atau email kamu. Kalau tidak bisa juga coba masukkan nomor handphone kamu.
  • Setelah itu kamu ikuti saja perintah-perintahnya untuk mengembalikan akun Instagram kamu.

Jika username, dan email juga diubah hackers



Kalau hackers tersebut tidak hanya mengganti password tapi juga mengganti username, email dan kamu tidak punya akses ke email yang terhubung ke akun kamu, berarti kamu tidak bisa mengikuti langkah-langkah yang telah Jaka sebutkan di atas.

Jika ini yang terjadi, bukannya tidak mungkin kamu mengembalikan akun kamu. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah cek email kamu yang terhubung dengan akun Instagram.
Kalau ada pesan di Inbox atau Spam dari Instagram yang menyebut adanya request atau permintaan untuk mengubah email Instagram kamu, coba klik pilihan seperti yang sudah Jaka tandai di bawah ini guna mengonfirmasi bahwa bukan kamu yang mengajukan perubahan email.

Jika kamu tidak menemukan pesan tersebut coba cari ke bin atau trash karena mungkin terhapus.
Tapi kalau email dari Instagram tersebut betul-betul tidak ada, kamu bisa menggunakan Facebook untuk mengubah email Instagram kamu. Ini bisa kamu lakukan jika sebelumnya kamu sudah menghubungkan Instagram kamu ke Facebook.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Untuk HP Android, klik Get Help Signing In di halaman login. Lalu klik login dengan Facebook. Dan, gunakan kredensial Facebook kamu untuk login ke akun Instagram kamu.
  • Sementara kalau kamu pengguna iPhone, klik ikon Facebook (Continue as..nama kamu).
  • Setelah kamu berhasil masuk, langsung ke menu Settings dan setel ulang email dan password kamu.
  • Cara menjaga keamanan Instagram kamu dari hacker
  • Untuk mencegah supaya akun kamu tidak dihack, Jaka punya tips tentang cara menjaga kemanan kamu dari hacker, yakni mengaktifkan two-factor authentification di menu Settings.
  • Memang cara ini tidak menjamin 100 persen Instagram kamu bebas dari hacker, tapi setidaknya membuat hacker agak kesulitan untuk mengakses akun Instagram kamu karena ada perlindungan ganda.